Saat ini di Marketplace banyak menyediakan jasa kirim yang beragam dan ada juga yang menggunakan proses resi otomatis. Dalam dropship sebisa mungkin aktifkan jasa kirim yang sama dengan yang ada di toko supplier, selain itu hindari mengaktifkan jasa kirim yang menggunakan sistem resi otomatis di toko Anda.

Begitu pula ketika melakukan pembelian barang dari toko supplier, pesan barang menggunakan jasa kirim yang sama dan sesuai dengan yang ada di Toko Anda, Jika berbeda jasa kirim maka akan tidak cocok nanti no resi nya ketika di Inputkan.

Berikut halaman untuk cara melakukan pengaturan jasa kirim yang ada di marketplace (Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee) :

Jikalau sudah dalam kondisi darurat dan sudah terlanjur memproses pesanan yang masuk di Toko Anda, sedangkan jasa kirim yang digunakan berbeda, maka ada opsi yang bisa Anda lakukan :

  1. Menghubungi pembeli, kemudian meminta untuk membatalkan pesanan dan melakukan pemesanan ulang kembali barang nya, lalu arahkan dan pilih jasa kirim yang tersedia di toko supplier. (Resiko : Kemungkinan besar untuk mendapatkan feedback negatif dari pembeli akan sangat besar, dan reputasi toko jadi turun.)
  2. Misalkan pembeli tidak mau membatalkan pesanan dan tidak mau untuk melakukan pesanan ulang serta mengganti jasa kirim nya, Maka tidak ada pilihan lain selain meng-cancel pesanan dari pembeli tersebut, kalau pembeli sudah membayar maka dana akan langsung di kembalikan otomatis oleh sistem Marketplace. (Resiko : Reputasi toko buruk dan pembeli bisa memberikan feedback negatif).

Namun kami sarankan, untuk lebih jelas aturan di marketplace nya seperti apa terkait jasa kirim ini, Silahkan bisa untuk menghubungi langsung CS dari pihak marketplace.

Sebab perihal tentang sistem marketplace dan transaksi di dalam nya bukan ranah Kami Dropshipkit untuk mencari tahu lebih jauh lagi, karena memang kami tidak ada akses kesana.

Apakah Anda menemukan jawaban?