Saat ini, aplikasi Dropshipkit sudah mendukung berjualan di 3 marketplace terbesar di Indonesia: Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Sebagai dropshipper, Anda bebas memilih mencari produk di marketplace apa dan menjualnya kembali di marketplace apa.

Sebagai contoh:

  1. Mencari produk/supplier di Tokopedia dan Menjualnya kembali di Shopee
  2. Atau mencari produk/supplier di Shopee dan Menjualnya kembali juga di Bukalapak
  3. atau mencari produk/supplier di Bukalapak dan Menjualnya juga di Bukalapak
  4. dan banyak contoh lainnya

Pada tutorial kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana Anda (sebagai dropshipper) memproses pesanan customer Anda. Contoh yang saya ambil adalah Supplier saya berada di Shopee dan Saya berjualan di Bukalapak.

Jika contoh yang saya berikan berbeda dengan pilihan marketplace Anda, maka silahkan disesuaikan. Pada dasarnya sama saja bagaimana cara memproses pesanan yang masuk ke Anda (sebagai dropshipper):

  1. Lihat produk apa yang dipesan customer Anda
  2. Pesankan produk tersebut ke supplier Anda

Sekali lagi, contoh yang saya ambil adalah Supplier saya berada di Shopee dan Saya berjualan di Bukalapak.

Maka langkah yang harus dilakukan adalah :

1. Login ke akun bukalapak, https://www.bukalapak.com/

2. Jika ada pesanan masuk, maka pada icon Transaksi akan muncul tanda nya, klik pada icon tersebut lalu klik tombol Proses pada pesanan yang ingin Anda proses.

3. Penting, pastikan sebelum memproses pesanan sudah mengecek ketersediaan stock, dengan cara bisa langsung menanyakan terlebih dahulu kepada supplier nya tentang ketersediaan barang nya.

4. Setelah itu, teruskan pesanan nya dengan membeli barang yang di pesan tersebut dari supplier nya. Jika Anda lupa supplier produk nya siapa maka bisa di cari menggunakan menu Produk diupload yang ada pada aplikasi dropshipkit.

5. Ketika sudah masuk ke halaman jual dari supplier, maka langsung lakukan pemesanan produk nya.

6. Checkout, kemudian masukan alamat dari pembeli yang sudah pesan di toko Anda.

7. Jika alamat pembeli yang melakukan pemesanan di toko Anda itu baru dan belum ada di daftar alamat maka pilih Tambahkan Alamat Baru, Kemudian masukan alamat dari pembeli yang pesan di toko Anda.

8. Penting, Pastikan pilih dan samakan jasa kirim nya dengan yang di pilih oleh pembeli yang pesan di toko Anda, agar no resi nantinya bisa di inputkan.

9. Kemudian, pilih metode pembayaran yang ingin agan lakukan, Setelah itu klik Buat pesanan.

10. Contoh, pembayaran yang di pilih misalkan adalah Transfer antar bank, maka setelah di klik Buat pesanan, selanjutnya akan muncul nomer rekening dari marketplace, Anda bayar sesuai dengan tagihan yang muncul ke rekening marketplace tersebut.

11. Selanjutnya hanya tinggal menunggu pembayaran di konfirmasi dan supplier mengirimkan barang nya.

12. Ketika Supplier sudah mengirimkan barang nya, maka akan muncul no resi di rincian pesanan yang Anda lakukan. Contoh :

13. Setelah Anda, mendapatkan konfirmasi dari supplier barang sudah di kirim, dan bisa diketahui No. Resi nya, Maka selanjutnya Anda kembali ke toko Anda, dan masuk ke menu transaksi dan lakukan Konfirmasi pesanan.

14. Setelah melakukan konfirmasi pesanan, Masukan No. Resi tadi yang sudah Anda dapatkan dari supplier pada kolom Masukan Nomor resi, Setelah itu Klik Input Resi.

15. Selanjutnya, tinggal menunggu barang yang dikirimkan oleh supplier sampai ke alamat pembeli yang pesan di toko Anda. Ketika barang sudah sampai, baru nanti dana akan di lepas dan dikirimkan ke rekening Anda oleh sistem marketplace nya.

Apakah Anda menemukan jawaban?